Minggu, 25 Agustus 2019


Nasi goreng ikan asin adalah menu andalan orang Indonesia


Resep membuat nasi goreng ikan asin
Pertama kali saya mencoba nasi goreng petai buatan saat saya berumur 9 tahun, saat itu di SD tempat saya belajar sedang diadakan lomba masak yang diperuntukan untuk orangtua murid. Meskipun dalam lomba tersebut ayah tidak mendapatkan juara. Tapi saya sungguh bangga padanya.

Kali ini saya akan memberikan resep nasi goreng a la Ayah.

Bahan

1 piring Nasi putih pera
2 butir telur ayam
1 sdt minyak manis
1 sdm kecap asin
2 buahBakso; iris
Daun bawang
Petai hijau (sesuai selera)
Minyak, untuk menumis
Garam dan penyedap rasa
Bahan halus

3 siung bawang putih
3 siung bawah merah besar bisa diganti bombai
Cabe rawit (sesuai selera)

Cara Membuat Nasi Goreng Pete:

1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan.

2. Masukkan bakso, telur, dan daun bawang. Tumis sampai aromanya bertambah kuat.

3. Masukkan nasi putih, aduk terus hingga bumbu meresap dan tercampur rata dengan nasi.

4. Tambahkan petai, kecap manis, kecap asin, dan garam atau penyedap. Aduk terus sampai matang.

Angkat dan hidangkan bersama dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Sebenarnya tidak ada yang special dari resep ini, tetapi ada sesuatu yang berbeda jika dirasakan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar